Sosialisasi Strategi Pelabelan, Pemasaran, dan Implementasi Halal Produk Bakery di UMKM Kiazza Cake, Sidoarjo

Authors

  • Yushinta Aristina Sanjaya UPN Veteran Jawa Timur

Keywords:

Sertifikasi Halal, Pelabelan, Pengemasan, UMKM

Abstract

UMKM berperan penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, terutama dalam menambah lapangan pekerjaan terhadap tenaga kerja dan meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB). UMKM Kiazza Cake, yang bergerak di sektor bakery di Surabaya, menghadapi beberapa permasalahan, seperti pelabelan produk yang belum sesuai dengan regulasi BPOM, pemasaran yang masih terbatas dengan sistem offline melalui media sosial WhatsApp, serta belum adanya sertifikasi halal terhadap produk yang dipasarkan. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan program pengabdian masyarakat yang mencakup survei, sosialisasi, dan pendampingan. Solusi yang diberikan meliputi pendampingan pelabelan sesuai dengan Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018, pendaftaran gerai pada platform e- commerce, serta pengajuan sertifikasi halal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan memperluas jangkauan pasar, sehingga UMKM Kiazza Cake dapat bersaing di pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan. Diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 8 yang terkait dengan pertumbuhan ekonomi.

References

Aminullah, A., Rohmat, S., Muslih, M., Halimun, R. Z., Yanuarningsih, R., Azizah, S., & Suhendar, Y.(2022). Peningkatan Sanitasi Dalam Proses Pembuatan Tahu dan Pengemasan di UMKM Tahu ‘Favorit’ Cisalopa, Desa Cinagara, Kabupaten Bogor,Jawa Barat. Jurnal Penamas Adi Buana, 5(02). https://doi.org/10.36456/penamas.vol5.no02.a4445

Hidayah, N., & Basirun, B. (2021). Pengaruh Jenis Kemasan Terhadap Sifat Organoleptik Tape Singkong. Nutriology: Jurnal Pangan, Gizi, Kesehatan, 2(1), 101-105.

Putri, D. N., Windiana, L., & Mardhiyah, N. (2021). Pendampingan Penerapan Sistem Jaminan Halal di Industri Kecil Menengah (IKM) UMM Bakery. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 173-181.

Rizki, F., & Hapsari, A. A. (2023). Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Produk di Java Bakery Adiwerna. AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research, 1(3), 39-51.

Siddiq, M. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Samyang (Studi Kasus Indomaret Desa Tulung Selapan Ulu Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 1(2), 165–168

Suzery, M., Widayat, W., Cahyono, B., & Al-Baarri, A. N. M. (2020). Proses Perbaikan Produksi Dalam Pendampingan Sertifikasi Halal Bagi Paguyuban Usaha Kuliner. Indonesia Journal of Halal, 2(2), 53-57.

Published

2025-06-04

How to Cite

Sanjaya, Y. A. (2025). Sosialisasi Strategi Pelabelan, Pemasaran, dan Implementasi Halal Produk Bakery di UMKM Kiazza Cake, Sidoarjo. DIANDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). Retrieved from https://diandra.upnjatim.ac.id/index.php/diandra/article/view/60