Pendampingan UMKM Kopi Rempah Dalam Pengembangan Produk Orientasi Ekspor
DOI:
https://doi.org/10.33005/diandra.v2i2.18Keywords:
Ekspor, Pasar, Pemasaran, PendampinganAbstract
Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat sehingga membuka bisnis menjadi alternatif dalam memilih mata pencaharian. Pendampingan UMKM merupakan solusi untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM dalam pengembangan produk dan pemasaran agar dapat bersaing di pasar domestik maupun mancanegara. Sebuah bisnis tentunya harus memiliki strategi branding yang kuat guna mewujudkan visi dan misi sebuah bisnis. Di tengah pertumbuhan dan perkembangan pasar yang semakin masif, tentunya hal ini berdampak pada semakin banyaknya dan berkembangnya berbagai usaha di masyarakat, termasuk usaha kopi. Semakin banyak bisnis sejenis membuat persaingan semakin ketat dan tentunya diperlukan strategi branding yang baik, salah satunya dengan cara memanfaatkan brand awareness untuk memperkuat daya tarik konsumen. Nilai strategis pendampingan ini adalah peningkatan daya saing menuju pasar sasaran ekspor melalui pendekatan pemberdayaan UMKM pada penerapan teknologi, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi untuk mencapai pasar ekspor yang ditargetkan.
References
Aditama. (2014) Riset Pasar Produk Keripik Tempe Sagu. Skripsi. Program Studi Teknik Industri. Fakultas Industri. Universitas Atmajaya Yogyakarta.
Bakari, S., & Mabrouki, M. (2017). Impact of exports and imports on economic growth: New evidence from Panama. Journal of smart economic growth, 2(1), 67-79.
Dodwani, B., & Agarwal, S. (2017). Digital Branding. International Journal of Research and Development -A Management Review (IJRDMR), 31-36.
Ferbita, L. V., & Setianti, Y. (2020). Strategi digital branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui media sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 16(2).
Jamil, A. S. (2019). Daya Saing Perdagangan Kopi Indonesia di Pasar Global. Agriekonomika, 8(1), 26-35.
Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. (2017). Outlook Kopi (Komoditas Pertanian Sub Sektor Perkebunan). Jakarta.
Rahmatin, D. Z., Jannah, D. N., Hidayati, D. N., Ningsih, W., Febriyanti, T., & Susanti, P. L. (2023). Membangun Identitas Brand Melalui Strategi Branding Dan Digital Marketing Bagi Pemasaran Produk UMKM Desa Karangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(2), 07-12.
Rasbin, R. (2020). Strategi meningkatkan ekspor produk-produk usaha mikro kecil dan menengah Indonesia: Studi kasus di Kabupaten Sleman dan Kota Surabaya. Kajian, 24(3), 149-158.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nova Ainur Rohmah Rohmah, Luqman Agung Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.